SHOPPING CART

close

Agar Terjaga Kualitasnya, BBPOM Di Manado Kawal Jalur Distribusi Vaksin COVID-19 Di Sulawesi Utara

Maret 2021, BBPOM di Manado melakukan kegiatan pengawalan vaksi covid-19 di wilayah Sulawesi Utara dengan dimulai dari Kota Manado kemudian kabupaten Minahasa dan Kota Kotamobagu. Pengawalan dilakukan oleh tim dari Bidang Pemeriksaan BBPOM di Manado yang dipimpin oleh Selvitarena, S.Si., Apt sebagai subkoordinator Seksi Inspeksi.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program vaksinasi oleh pemerintah untuk memastikan kesiapan dari jalur distribusi vaksin sesuai dengan persyaratan Cold Chain Product sehingga vaksin yang disalurkan nantinya akan terjaga mutunya hingga digunakan oleh masyarakat.” Jelas Selvitarena

Pengawalan vaksin dilakukan untuk memeriksa kesesuaian sarana yang akan digunakan untuk jalur distribusi vaksin sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Sejak Vaksin COVID-19 datang, BBPOM di Manado sudah mengawal dari awal saat Vaksin COVID-19  datang, dilakukan pengawalan sejak di Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kota Manado melalui bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit. Kemudian Kota Kotamobagu, beberapa puskesmas yang diperiksa diantaranya Puskesmas UPAY, Puskesmas Bilalang, Puskesmas Gogagoman, dan Dinas Kesehatan di  Kota Kotamobagu melalui Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit. Sementara di Minahasa sarana kesehatan yang diperiksa Puskesmas Seretan, Puskesmas Kombi, Puskesmas Kombi, Puskesmas Iolah, RS Awaluoi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.

“Dari semua sarana kesehatan yang telah diperiksa, hasilnya semua sarana telah sesuai  dengan persyaratan untuk Cold Chain Product. Sehingga kami nilai sarana tersebut dapat digunakan untuk mendistribusikan Vaksin.” Ujar Selvitarena.

“Program Pengawalan ini akan terus berjalan serta diperluas ke kabupaten lain guna mendukung program vaksinasi oleh pemerintah yang bertujuan menekan penyebaran covid-19 sehingga vaksin yang bermutu dapat didistribusikan ke seluruh wilayah Sulawesi Utara.”Jelas Selvitarena

Meskipun sudah ada vaksin, kita harus tetap menerapkan protocol Kesehatan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan serta Membatasi Mobilisasi dan Interaksi.” Tutup Selvitarena.

Tags:

0 thoughts on “Agar Terjaga Kualitasnya, BBPOM Di Manado Kawal Jalur Distribusi Vaksin COVID-19 Di Sulawesi Utara

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.