SHOPPING CART

close

Amankan Masyarakat Dari Konsumsi Pangan Mengandung Bahan Berbahaya, BBPOM Di Manado Sidak Aneka Takjil Di Kota Manado

Sabtu, 17 April 2021. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan ( BB POM) Manado melakukan intesifikasi keamanan pangan selama bulan ramadhan melalui sidak (inspeksi mendadak) jualan takjil dan aneka penganan buka puasa. Pada hari itu, BB POM Manado melakukan uji sampel di empat titik di kota Manado, yakni Pasar Karombasan, Boulevard (Jalan Pierre Tendean) yang diperiksa oleh Tim yang dipimpin oleh Dra. Maria Sarlota Patabang, Apt sebagai Koordinator Bidang Infokom, sementara di  Banjer dan Perkamil diperiksa oleh tim yang dipimpin oleh Dra Sarinah Tamim, Apt sebagai PFM Ahli Madya Bidang Infokom.

Sampel yang diambil di antaranya, kue kuk, kolombeng, lalampa, panada, palu butung, es buah warna merah, es buah warna kuning, kue cara, nasi kuning, dan aneka olahan ikan. Dari 55 sampel diuji dengan parameter uji Rhodamin B, Methanyl Yellow, Boraks dan Formalin yang merupakan bahan berbahaya dilarang ditambahkan pada pangan.

“Dari hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap semua sampel tersebut,tidak ada satupun mengandung bahan berbahaya tersebut,” ujar Koordinator Infokom BB POM Manado, Dra. Maria Sarlota Patabang, Sabtu malam.

Katanya, “Meskipun hasil uji sampel tidak mengandung bahan berbahaya, namun tidak bisa diartikan semua pengaman (takjil) yang dijual telah  bebas dari penambahan bahan berbahaya, yang bisa kita simpulkan bahwa sebagian besar pangan takjil telah bebas dari bahan berbahaya serta meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan bahan tersebut” jelasnya.

Katanya, “Sidak di Ramadan tahun lalu masih ditemukan bahan makanan (kue) yang dijual mengandung bahan berbahaya, mengandung pewarna tekstil,” ujarnya.

Katanya, “Pengawasan itu dilakukan sebagai pembinaan kepada pelaku usaha agar mereka memastikan produk makanan yang dijual aman dan terjamin mutunya”

“Melalui pengawasan, para pembuat kue dijelaskan agar tidak asal membuat, asal mengolah dan mengabaikan kaidah keamanan pangan,” katanya.

Selain itu, Tim BBPOM di Manado masih menemukan ada sebagian penjual takjil yang mengabaikan  higienitas makanan saat berjualan. Yaitu aneka kue dan dagangan tak ditutup dan dibiarkan terbuka. Padahal, area jualannya berada di sisi jalan raya.

“Pada umumnya jualan tidak ditutup. Banyak kendaraan yang lewat. Memang tidak terlihat secara kasat mata tapi partikel debu itu pasti kena di makanan,” jelasnya.

Penulis : Salman Fariesy

Editor : Maria Sarlota Patabang – Sarinah Tamim

Tags:

0 thoughts on “Amankan Masyarakat Dari Konsumsi Pangan Mengandung Bahan Berbahaya, BBPOM Di Manado Sidak Aneka Takjil Di Kota Manado

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.