SHOPPING CART

close

Balai Besar POM di Manado ambil 55 sampel jajanan Ramadhan di Kota Manado

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado mengambil sebanyak 55 sampel jajanan Ramadhan kepada pelaku usaha di Kelurahan Kamung Ternate dan Wonasa, Kota Manado. “Menjadi tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa pelaku usaha tidak menggunakan bahan berbahaya pada jajanan yang dijual selama Ramadhan,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Manado.

Jumat, 17 Mei 2019 Personel Balai Besar POM di Manado mengunjungi lapak-lapak pedagang jajanan ramadhan, kemudian diambil sampel menguji bahan berbahaya. Pengambilan sampel jajanan Ramadhan ini, lanjut dia, akan terus dilakukan hingga ke kabupaten dan kota di provinsi ujung utara Sulawesi itu. Di wilayah Kelurahan Tuminting dan Sindulang, Kota Manado, lanjut dia, Balai Besar POM di Manado memanfaatkan kader keamanan pangan untuk melakukan pengambilan sampel. “Kami masih menunggu data mereka (kader keamanan pangan), mudah-mudahan secepatnya bisa diberikan,” ujarnya.

Dra. Maria Sarlota Patabang menambahkan, dari 55 sampel jajanan Ramadhan tersebut, dipastikan layak untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan berbahaya. “Sedikitnya ada empat bahan berbahaya yang kami uji yaitu Rhodamin B, Methanyl Yellow, Boraks dan Formalin,” ujarnya. Apabila ada sampel jajanan yang ditemukan mengandung bahan berbahaya, maka langkah awal yang akan dilakukan BBPOM adalah mengamankan jajanan tersebut. “Kami mengamankan dengan cara membeli sehingga pelaku usaha tidak rugi. Setelah itu kami meminta membuat surat pernyataan tidak menjual lagi jajanan atau pangan mengandung bahan berbahaya,” jelasnya. Apabila pelaku usaha masih menjual dan ditemukan oleh BBPOM, langkah tegas yang akan dilakukan adalah pemberian sanksi hingga proses hukum. “Kami berharap tidak ada bahan berbahaya yang ditambahkan ke dalam jajanan selama Ramadhan ini,” harapnya.

 

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/874929/bbpom-ambil-55-sampel-jajanan-ramadhan-di-kota-manado

Tags:

0 thoughts on “Balai Besar POM di Manado ambil 55 sampel jajanan Ramadhan di Kota Manado

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK