SHOPPING CART

close

BBPOM di Manado Perkuat Kompetensi Petugas Untuk Jamin Peredaran Kosmetik Aman di Sulawesi Utara

Manado, 27 Juli 2022. Telah dilaksanakan Pelatihan petugas Balai Besar POM di Manado terkait dengan pengawasan produk kosmetik yang bertempat di aula Balai besar POM di Manado. Acara tersebut merupakan inisiasi dari Direktorat Pengawasan Kosmetik Badan POM yang berjudul “Asistensi Pengawasan Sarana, Mutu, Keamanan, Penandaan, dan Iklan Kosmetik kepada Petugas UPT Badan POM”. Peserta merupakan petugas dari Kelompok Substansi Pemeriksaan dan juga petugas dari Kelompok Substansi Pengujian, serta perwakilan dari petugas Loka POM di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Acara diawali dengan sambutan Direktur Pengawasan Kosmetik secara daring Drs.Arustiyono, Apt, MPH dan dilanjutkan sambutan Kepala Balai Besar POM di Manado yang diwakili oleh Koordinator Kelompok Substansi Pemeriksaan Drs.Johnny Dera, Apt. Dalam sambutannya, Bapak Direktur Pengawasan Kosmetik menyampaikan bahwa “Pengawasan produk kosmetik harus dilakukan lebih intensif, karena produk kosmetik tidak dilakukan pengawasan pre market”. Selanjutnya Drs.Johnny dera menyampaikan bahwa “kegiatan ini merupakan kesempatan bagi petugas untuk meningkatkan kompetensi terkait dengan pengawasan produk kosmetik, serta Diharapkan melalui kegiatan ini dapat diperoleh informasi2 baru terkait isu dalam pengawasan kosmetik”.

Pada acara tersebut, materi yang disampaikan yaitu terkait dengan Pengawasan Mutu dan Keamanan, Pengawasan Ekspor Impor Kosmetik, Sampling dan Pengujian, Monitoring Efek Samping Kosmetik (MESKOS), Pengawasan Iklan dan Penandaan, serta Pengawasan sarana distribusi kosmetik. Selain itu, dalam paparan juga disampaikan Evaluasi hasil kegiatan pengawasan kosmetik yang dilaksanakan oleh Balai Besar POM di Manado pada tahun 2021 hingga triwulan 2 tahun 2022. Berdasarkan hasil evaluasi terdapat beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh para narasumber dari Direktorat Pengawasan Kosmetik, hal ini untuk meningkatkan pengawasan produk kosmetik yang beredar di Provinsi Sulawesi Utara.

Tags:

0 thoughts on “BBPOM di Manado Perkuat Kompetensi Petugas Untuk Jamin Peredaran Kosmetik Aman di Sulawesi Utara

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.