SHOPPING CART

close

BBPOM di Manado Perkuat Patroli Siber Obat dan Makanan

Manado, Kamis 12 Oktober 2023. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Manado melakukan perkuatan pengawasan peredaran Obat dan Makanan lewat patroli siber dengan melibatkan lintas sektor terkait, seperti Kepolisian, BIN daerah, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kominfo di Sulawesi Utara.

Bertempat di Luwansa Hotel Manado, Kepala BBPOM di Manado, Agus Yudi Prayudana S.Farm, Apt, M.M menyampaikan bahwa selama ini BBPOM melakukan patroli siber secara rutin, yang dilaporkan ke Direktorat Siber Badan POM untuk ditindaklanjuti sesuai rekomendasi dan analisis terhadap akun, situs, ataupun marketplace yang diawasi.

Beliau menyampaikan bahwa dari hasil pengawasan siber BBPOM di Manado, rata-rata dalam setiap bulan ditemukan puluhan hingga ratusan link yang menawarkan produk Obat dan Makanan yang tidak sesuai, seperti mengandung bahan berbahaya, tanpa ijin edar, mengandung bahan kimia obat, dan lain-lain. “Produk tanpa ijin edar dan tidak sesuai ketentuan didominasi produk kosmetik mengandung bahan berbahaya, disusul obat ilegal, obat tradisional mengandung bahan kimia obat, dan pangan ilegal”, ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dra Nurjaya Bangsawan, Apt, M.Kes, Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya Direktorat Siber Badan POM mengungkapkan bahwa patroli siber sangat penting karena perubahan perilaku Masyarakat yang bergeser dari transaksi konvensional ke transaksi elektronik yang dilakukan melalui internet.”Masyarakat Indonesia bahkan dunia yang menggunakan media sosial yang terus naik dan pola interaksi orang dalam transaksi Obat, Obat Tradisional, Kosmetik, Suplemen Kesehatan, Kosmetik, dan Makanan yang beralih ke transaksi online, meningkatkan pelanggaran dan kejahatan di bidang Obat dan Makanan di dunia maya, sehingga perlu dilakukan pemantauan dan pengawasan dalam jaringan secara rutin dan diperkuat dengan peraturan khusus yang baru dan peningkatan kompetensi petugas dalam melakukan pemantauan dan pengawasan”, imbuhnya.

Tags:

0 thoughts on “BBPOM di Manado Perkuat Patroli Siber Obat dan Makanan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK