SHOPPING CART

close

BBPOM di Manado Tingkatkan Pemahaman ISO 9001 : 2015 Demi Menjaga Kualitas Layanan Publik

Pada tanggal 14 Oktober 2020, BBPOM di Manado melaksanakan pelatihan Awarness ISO 9001 : 2015 yang diikuti oleh pegawai BBPOM di Manado. BBPOM di Manado yang telah tersertifikasi ISO 9001 : 2015 dan ISO 17025 : 2017 untuk ruang lingkup laboratorium melaksanakan pelatihan ini sebagai bentuk komitmen BBPOM di Manado untuk terus meningkatkan Kompetensi Karyawannya sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional organisasi. Materi Pelatihan disampaikan oleh Bapak Budi Setyawan selaku Trainer dari British Standart International (BSI) – Indonesia.  Pelatihan dilakukan secara daring dan diawal acara para peserta diberikan pre-test untuk mengetahui sejauh mana para peserta memahami terkait ISO 9001:2015.

Dalam paparannya, narasumber menyampaikan bahwa ISO 9001:2015 adalah salah satu Standar yang dikeluarkan oleh ISO mengenai Sistem Manajemen Mutu. Sistem adalah kesatuan berbagai proses yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu. Mutu adalah kemampuan suatu produk atau layanan untuk memenuhi persyaratan pelanggan. Sedangkan Manajemen adalah perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengaturan. Maka Sistem Manajamen Mutu adalah kesatuan dari berbagai proses dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengaturan dengan tujuan utama memenuhi persyaratan Pelanggan. Beberapa Prinsip dalam SIstem Manajemen Mutu, antara lain Customer Focus, Leadership, Engagement of People, Process Approach, Improvement, Evidence-based Decision Making dan Relationship Management. Dalam setiap ISO, perlu diterapkan The PDCA Model (Plan-Do-Check-Action). Dalam Standard ISO 9001:2015 klausul yang perlu dipahami, yaitu sebagai berikut Konteks Organisasi, Leadership, Planning, Support, Operation, Performance Evaluations dan Improvement.

Diharapkan melalui kegiatan ini, para pegawai BBPOM di Manado dapat meningkatkan awareness terhadap Sistem Manajemen Mutu dan melakukan peningkatan berkelanjutan sesuai dengan tugas dan fungsinya yang selanjutnya akan meningkatkan pelayanan publik BBPOM di Manado.

Tags:

0 thoughts on “BBPOM di Manado Tingkatkan Pemahaman ISO 9001 : 2015 Demi Menjaga Kualitas Layanan Publik

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK