SHOPPING CART

close

Bersama Felly Estelita Runtuwene Ketua Komisi IX DPR RI, BBPOM Di Manado Edukasi Keamanan Obat dan Makanan Bagi Masyarakat Di Desa Rumoong Bawah

26 Februari 2021, BBPOM di Manado menyelanggarakan penyuluhan keamanan obat dan makanan di desa Rumoong Bawah, Kab. Minahasa Selatan bersama Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene, SE. Dari Pihak BBPOM di Manado diwakili Oleh Agung Kurniawan, ST sebagai Plh. Kepala Balai Besar POM di Manado. Kegiatan diikuti oleh 275 orang peserta yang berasal dari berbagai wilayah dekat desa Rumoong Bawah Kabupaten Minahasa Selatan, diantaranya desa Pondang, Kawangkoan Bawah, Liwuran I dan lainnya. Protokol kesehatan selalu diterapkan dalam pelaksanaaan kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Agung menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat agar dapat terhindar dari konsumsi obat dan makanan illegal yang tidak terjamin keamanannya. Pengawasan obat dan makanan tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini oleh BPOM salah satunya, namun juga oleh masyarakat sebagai konsumen dapat ikut mnegawasi peredaran obat dan makanan dengan mengenali ciri-ciri obat dan makanan yang aman dan telah terdaftar. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat terhindar dari konsumsi obat dan makanan illegal.

Dra. Sarinah Tamim, Apt sebagai sebagai fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya bidang infokom Balai Besar POM di Manado yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan  fungsi BPOM dalam hal ini yang dilaksanakan oleh BBPOM di Manado sebagai perwakilan di daerah. “Pengawasan sejak produk didaftarkan hingga beredar, Penindakan bagi pelaku pembuat dan pengedar obat dan makanan ilegal, serta Pemberdayaan Masyarakat melalui edukasi dengan tujuan meningkatnya pengetahuan serta pendampingan bagi UMKM produsen obat dan makanan menjadi tugas pokok BBPOM di manado dalam memantau peredaran obat dan makanan di Sulawesi Utara”, jelas Sarinah.

“Dalam hal menentukan keamanan dan mutu obat dan makanan, BBPOM di Manado telah dilengkapi Laboratorium yang telah tersertifikasi oleh KAN melalui pelaksanaan ISO 17025 : 2017 terkait laboratorium sehingga dapat terjamin validitas hasil ujinya. Tentunya pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut diimbangi dengan peningkatan integritas dan kompetensi pegawai BBPOM di Manado agar selalu dapat mengimbangi perubahan yang sangat cepat di era digital saat ini”, kata Sarinah

Felly dalam kesempatan tersebut menekankan agar kita serius dalam mengatasi masalah stunting yang lebih dikenal dengan pertumbuhan bayi dan balita yang terhambat karena gizi buruk dan infeksi yang berulang. “Penanganan stunting memerlukan keterlibatan semua pihak, tidak hanya dibebankan pada keluarga, namun juga perlu melibatkan komunitas yang ada sebagai bagian pendukung keluarga. Peran desa sebagai perwakilan pemerintah terdekat pada lapisan terbawah juga menjadi bagian terpenting dalam memantau hal-hal yang terjadi di masyarakat. Namun komunitas-komunitas lainnya seperti komunitas gereja yang memiliki basis terkuat dan terdekat dengan keluarga agar turut serta dalam memantau berbagai isu yang terjadi di masyarakat, termasuk stunting”, Ujar Felly.

“Mari kita tingkatkan kepekaan terhadap berbagai isu yang terjadi di masyarakat dan tidak saling menunggu satu sama lain. Serta dari pemerintah, baik dari legislatif maupun eksekutif, baik dari lapisan atas dari pemerintah pusat hingga provinsi maupun ke lapisan paling bawah dalam hal ini hingga di desa agar melaksanakan tugas kita masing-masing dan selalu koordinasi dengan fungsi yang lain bila sudah memerlukan kolaborasi antar fungsi. Dengan gotong royong saya yakin kita bisa memberantas stunting serta melewati pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini”, tutup Felly.

Tags:

0 thoughts on “Bersama Felly Estelita Runtuwene Ketua Komisi IX DPR RI, BBPOM Di Manado Edukasi Keamanan Obat dan Makanan Bagi Masyarakat Di Desa Rumoong Bawah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK