SHOPPING CART

close

Bersama Tokoh Masyarakat, BBPOM di Manado Ingatkan Masyarakat Desa Tenga Agar Konsumsi Obat dan Makanan Aman Karena Sehat Itu Wajib, Sakit Itu Pilihan

Meningkatkan peran aktif masyarakat serta secara mandiri mampu memilih produk obat dan makanan yang aman bermanfaat/berkasiat dan bermutu untuk konsumsi merupakan salah satu tujuan dari pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Kegiatan KIE di Minahasa Selatan yang dihadiri oleh masyarakat bersama Tokoh Masyarakat, Felly Estelita Runtuwene, SE sebagai Ketua Komisi IX DPR RI dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2020 di Desa Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan. Dalam kegiatan tersebut, Felly Estelita Runtuwene menyampaikan “Ketika kita akan belanja ingat cek KLIK selalu agar terlindungi dari obat dan makanan Ilegal, cek KLIK yaitu cek Kemasan, jangan beli produk dengan kemasan yang telah rusak atau peyot meski sedikit, cek Label baca dahulu Label berisi informasi produk sebelum dibeli, cek Izin Edar apakah produk tersebut sudah terdaftar apa belum dan yang terakhir cek kadaluarsa, jangan beli atau konsumsi obat dan makanan yang telah kedaluarsa” Felly juga menyampaikan “saat ini sudah tersedia aplikasi CEK BPOM yang dapat diunduh dan digunakan pada HP Android. Jadi bisa cek Izin Edar obat dan makanan dimana saja”

Dalam kegiatan ini Kepala Balai Besar POM di Manado Dra. Sandra M.P Linthin, Apt., M.Kes juga menyampai tips-tips keamanan pangan baik saat berbelanja maupun saat mengolah pangan agar aman dikonsumsi. Selain itu, masyarakat diingatkan kembali untuk hati-hati terhadap pangan yang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, pewarna pakaian yang masih sering dicampurkan dalam pangan seperti Methanil Yellow dan Rhodamin B. Pada kesempatan tersebut, diampaikan pula produk Obat dan Makanan yang telah dicabut izin edarnya, maupun produk obat palsu dan ilegal yang ternyata mengandung bahan berbahaya dan tidak memenuhi persyaratan. Produk-produk tersebut merupakan hasil temuan Balai Besar POM di Manado yang telah melalui pengujian di laboratorium. Kepala Balai Besar POM di Manado menyampaikan masih banyaknya ditemukan Herbal yang mengandung Bahan Kimia Obat, Kosmetik terutama Krim Pemutih yang menggunakan merkuri serta maraknya penyalahgunaan obat-obatan tertentu terutama di Kota Manado. Dengan menghindari tubuh dari konsumsi obat dan makanan yang berbahaya diharapkan masyarakat desa tenga dapat terjaga kesehatannya, karena sehat itu wajib, sakit itu pilihan.

Menutup kegiatan tersebut, Felly dan Sandra mengingatkan kembali masyarakat agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dengan melakukan 3M yaitu selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga Jarak dan menjauhi kerumunan.

Tags:

0 thoughts on “Bersama Tokoh Masyarakat, BBPOM di Manado Ingatkan Masyarakat Desa Tenga Agar Konsumsi Obat dan Makanan Aman Karena Sehat Itu Wajib, Sakit Itu Pilihan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK