SHOPPING CART

close

Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa di Desa Kauditan, Minahasa Utara

Pada hari Kamis, 19 Mei 2022, Balai Besar POM di Manado melaksanakan rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) dalam rangka Desa Pangan Aman Kabupaten Minahasa Utara  Tahun 2022 di Desa Kauditan, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara  .

Kegiatan Bimtek bertempat di Kawasan Desa Wisata Rintisan Kauditan dibuka oleh Bpk. Alpret Pusungulaa, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Utara dan Hukum Tua Desa Kauditan Ibu Nancy Henrieka Worung, B.Sc. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 (dua puluh) orang peserta yang terdiri dari KKPD  Kauditan  meliputi Kader Keluarga, Kader Sekolah, dan Kader Masyarakat dan perwakilan peserta dari Dinas Sosial dan Puskesmas terdekat.

Dalam sambutannya Alpret Pusungulaa menyatakan, komitmen dan antusiasme Dinas Sosial dalam mendukung pelaksanaan program Desa Pangan Aman demi mewujudkan desa pangan aman di Desa Kauditan bekerja sama dengan KKPD.  Materi Bimtek disampaikan oleh narasumber PFM Madya Kelompok Substansi Informasi & Komunikasi, Dra. Maria Sarlota Patabang, Apt.  meliputi materi Pedoman Pelaksanaan Desa Pangan Aman, Keamanan Pangan, 5 Kunci Keamanan Pangan Keluarga, Sekolah, Sarana Retail dan Pangan Siap Saji, Keracunan ,  Intoleransi dan Alergi Pangan, Aplikasi Keamanan Pangan, dan Stunting dan Keamanan Pangan serta pengenalan Bahan Berbahaya dalam Pangan.

Dalam kegiatan ini Bupati Minahasa Utara, Bapak  Joune J. E. Ganda, SE juga menyempatkan waktu memantau kegiatan Bimtek Kader ini  dan menerima  Rapid Testkit dari Balai POM dan selanjutnya menyerahkan langsung kepada Hukum Tua Desa Kauditan Ibu Nancy H.Worung,BS. Peserta bimtek kemudian  dilatih cara melakukan Uji Cepat Bahan Berbahaya dengan menggunakan Rapid Test  untuk menguji pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya Formalin, Boraks, Pewarna tekstil Rhodamin B, dan Methanyl Yellow.

Melalui kegiatan Bimtek ini, diharapkan akan terbentuk Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk melakukan pendampingan implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa dan melakukan pengawasan keamanan pangan di Desa Kauditan.

Tags:

0 thoughts on “Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa di Desa Kauditan, Minahasa Utara

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK