SHOPPING CART

close

Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa di Kelurahan Manembo-Nembo Atas, Kota Bitung

Pada hari Kamis, 19 Mei 2022, Balai Besar POM di Manado melaksanakan rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) dalam rangka Desa Pangan Aman Kota Bitung  Tahun 2022 di Kelurahan Manembo-nembo Atas, Kecamatan Matuari, Kota Bitung.

Kegiatan Bimtek bertempat di Kantor Kelurahan Manembo-nembo Atas dibuka oleh Dra. Nur Alawiyah, Apt.,M.Si dari Dinas Kesehatan Kota Bitung dan Kepala Lurah Markus Toyo Sinaulan, S.Pd dan dihadiri oleh 15 (lima belas) orang peserta yang terdiri dari KKPD Kelurahan Pinokalan meliputi Kader Keluarga, Kader Sekolah, Kader Masyarakat dan 2 peserta dari Dinas Sosial Kota Bitung dan tenaga Sanitarian dari Puskesmas Sagerat.

Dalam sambutannya Markus Toyo mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk terpilihnya lingkungan Manembo-nembo Atas  sebagai target intervensi Program GKPD ini. Kelurahan bersama-sama dengan Dinas Kesehatan dan dinas terkait juga menyatakan komitmen dan antusiasme dalam mendukung pelaksanaan program Desa Pangan Aman demi mewujudkan kelurahan pangan aman di Kelurahan Manembo-nembo atas bekerja sama dengan Kader Keamanan Pangan.

Materi Bimtek disampaikan oleh narasumber PFM Muda Kelompok Substansi Informasi & Komunikasi, Yosica Tandilolo, S.Si, Apt dan Suilan Ombeng meliputi materi Pedoman Pelaksanaan Desa Pangan Aman, Keamanan Pangan, 5 Kunci Keamanan Pangan Keluarga, Sekolah, Sarana Retail dan Pangan Siap Saji, Keracunan ,  Intoleransi dan Alergi Pangan, Aplikasi Keamanan Pangan, dan Stunting dan Keamanan Pangan serta pengenalan Bahan Berbahaya dalam Pangan.

Pada akhir materi dilakukan praktek Uji Cepat Bahan Berbahaya dengan menggunakan Rapid Test  untuk menguji pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya Formalin, Boraks, Pewarna tekstil Rhodamin B, dan Methanyl Yellow. Pada kegiatan ini juga diserahkan Paket Edukasi Keamanan Pangan berupa Rapid Test Kit, kepada Kelurahan Manembo-nembo Atas.

Melalui kegiatan Bimtek ini, diharapkan akan terbentuk Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk melakukan pendampingan implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa dan melakukan pengawasan keamanan pangan di kelurahan Manembo-nembo Atas.

Tags:

0 thoughts on “Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa di Kelurahan Manembo-Nembo Atas, Kota Bitung

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK