SHOPPING CART

close

BPOM wujudkan Pasar Aman Berbasis Komunitas di Kota Tomohon

Rabu 27 Juli 2023, Balai Besar POM di Manado melaksanakan kegiatan Kampanye Pasar Pangan Aman di Pasar Beriman Kota Tomohon.

Kegiatan melibatkan petugas Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tomohon serta petugas dan kader dari PD Pasar Beriman Kota Tomohon.

Peningkatan kepedulian dan pengetahuan pembeli maupun pengunjung pasar tentang keamanan pangan di Pasar Tradisional merupakan sasaran kegiatan.

Penyebaran informasi dilakukan melalui  pengeras suara,  pemasangan  spanduk Keamanan Pangan, pembagian brosur, dan survey Pengetahuan masyarakat tentang keamanan pangan.
Selain itu juga dilakukan sampling pangan sebanyak 31 sampel  (Kue, ikan segar, ikan asap , mie basah, tahu dan kerupuk) untuk dilakukan uji cepat di Mobil  laboratorium keliling dengan hasil pengujian semua sampel tidak mengandung bahan berbahaya.

Edukasi dengan brosur informasi tentang Mengenal Bahan Berbahaya Formalin, Boraks, Rhodamin-B dan Methanil Yellow yang sering disalahgunakan dalam pangan , CEK KLIK serta 5 Kunci menerapkan Kemanan Pangan .

Dengan dilaksanakannya kampanye ini, diharapkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, khususnya pembeli/pengunjung pasar untuk memilih/membeli yang bebas dari bahan berbahaya. Penurunan permintaan konsumen terhadap pangan yang terbukti mengandung bahan berbahaya juga diharapkan akan meminimalkan peredaran bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan khususnya di Pasar Tradisional sebagai ujung tombak keamanan pangan dimana masyarakat sebagai konsumen memperoleh makanan sebelum dikonsumsi.

 

Tags:

0 thoughts on “BPOM wujudkan Pasar Aman Berbasis Komunitas di Kota Tomohon

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK