SHOPPING CART

close

Cegah UMKM Terkapar, BBPOM Manado Gandeng Stake Holder Mendampingi dan Membina UMKM Pangan Olahan Unggulan Daerah

Sebagai upaya meningkatkan daya saing UMKM di kota Manado, maka BBPOM di Manado berdiskusi bersama dengan stakeholder dalam Forum Group Discussion Pendampingan dan Pembinaan UMKM pangan Olahan Unggulan Daerah. Forum Group Discussion ini diinisiasi oleh Dra. Sandra M.P Linthin, Apt M.Kes selaku kepala BBPOM di Manado dan di hadiri oleh Bapak Innov S. Walelang, S.Sos, M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Manado, Bapak Hendrik Warokka, SPd, DEA selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado, Bapak Ronny I.P Suoth, M.Kes serta perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Manado, Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Manado, DPMPTSP Kota Manado, Dinas Pangan Kota Manado, Bea Cukai Kota Manado, serta perwakilan Bank BUMN dan Perusahaan Swasta yang telah memiliki binaan UMKM di kota manado, seperti Bank Indonesia, Bank Mandiri, dan JNE.

Forum ini berangkat dari keprihatinan melihat kesulitan yang dihadapi UMKM, terlebih pada saat pandemi saat ini. Sudah menjadi kewajiban negara untuk hadir di tengah masyarakat, apalagi pada saat pandemi seperti ini yang tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat tapi juga memukul sendi-sendi perekonomian. UMKM sebagai penyangga utama ekonomi rakyat kecil dan mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah.

Forum ini membahas tentang peranan masing-masing lembaga pemerintah terutama yang terlibat dalam usaha pangan dari semenjak perizinan hingga dukungan modal yang mungkin bisa didapatkan bagi UMKM. Dalam Forum ini, Dra. Sandra M.P. Linthin, Apt., M. Kes menyampaikan “Fasilitas yang dapat Balai Besar POM di Manado berikan kepada UMKM diantaranya keringanan biaya pendaftaran izin edar Pangan Olahan MD sebesar 50 % dari biaya yang dikenakan sesuai dengan tarif PNBP yang ditetapkan dari kementrian keuangan. Selain itu terkait pengujian laboratorium terhadap produk makanan yang selama ini menjadi persyaratan dalam pengurusan izin edar juga akan difasilitasi oleh BBPOM di Manado”.

Tags:

0 thoughts on “Cegah UMKM Terkapar, BBPOM Manado Gandeng Stake Holder Mendampingi dan Membina UMKM Pangan Olahan Unggulan Daerah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.