SHOPPING CART

close

Data Akselerasi UMKM

  • Data Akselerasi UMKM
Aklerasi UMKM

Akselerasi Peningkatan Daya Saing UMKM Pangan Olahan Spesifik Lokal

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia karena sebagai penyangga utama ekonomi rakyat kecil dan mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat  di sektor bawah.

Sulawesi Utara memiliki kekayaan alam yang melimpah dan merupakan salah satu daerah destinasi wisata prioritas dengan kunjungan wisatawan mancanegara yang tiga kali lipat melebihi target yang ditetapkan Pemda (sebelum masa pandemic covid-19). Beragam kuliner dan produk pangan olahan UMKM juga bertumbuh termasuk di dalamnya UMKM Pangan yang memproduksi Pangan Olahan Spesifik Lokal seperti : Sambal Roa, Cakalang Fufu, Abon ikan,  kopi bubuk, VCO, penganan sagu, manisan pala, dll.

Badan POM khususnya BBPOM di Manado berkomitmen dalam peningkatan daya saing UMKM untuk dapat bersaing hingga diharapkan dapat menembus pasar global. melalui :

  • Meningkatnya kuantitas dan kualitas Pangan Olahan UMKM spesifik lokal yang aman dan berkualitas :
    1. Percepatan Penerbitan izin edar untuk pangan olahan spesifik lokal dari UMKM
    2. Meningkatnya kompetensi pelaku usaha UMKM Pangan Olahan Spesifik Lokal
    3. Meningkatnya kualitas sarana produksi UMKM Pangan Olahan Spesifik Lokal
  • Meningkatnya kerjasama lintas sektor dalam pembinaan dan pendampingan UMKM pangan olahan spesifik lokal yang berdaya saing
  • Pangan Olahan UMKM spesifik lokal berdaya saing dan GO EXPORT

Berikut daftar UMKM yang sedang berproses pendampingan Pemeriksaan Sarana oleh Balai (PSB) dalam rangka pemberian rekomendasi pendaftaran dan yang telah memperoleh Nomor Izin Edar (NIE) MD dari Badan POM.