SHOPPING CART

close

Dengan Dana Alokasi Khusus, BBPOM di Manado Tingkatkan Sinergi Pengawasan Obat dan Makanan

Dalam rangka Meningkatkan Pengawasan Obat dan Makanan di Sulawesi Utara, BBPOM di Manado melakukan rapat evaluasi penggunaan Dana Alokasi Khusus Non fisik  dengan Kabupaten / Kotamadya se-Sulawesi Utara pada 21 September 2020. Rapat yang dipimpin oleh Dra. Sandra. M.P. Linthin, Apt., M.Kes dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan dari Kota Manado, Kab. Kepulauan Talaud, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kab. Bolaang Mongondow, Kab Bolaang Mongondow Utara, Kab. Minahasa Selatan secara daring.

Dana Alokasi Khusus (DAK) Non fisik Bidang Kesehatan atau disebut Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) adalah dana yang dialokasikan ke daerah untuk membiayai operasional kegiatan program prioritas nasional di bidang kesehatan yang menjadi urusan daerah guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah. Sesuai UU APBN dan Nota Keuangan 2020, terdapat kebijakan baru alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yaitu penambahan Sub bidang Pengawasan Obat dan Makanan pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Non fisik TA 2020 Bidang Kesehatan.

Pelaksanaan Pengawasan Obat dan Makanan yang dilaksanakan pemda dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus memiliki hambatan yang disebabkan pandemi Covid-19, sehingga kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu, dalam rapat dibahas permasalahan dan solusinya sehingga masyarakat tetap terlindungi untuk mengkonsumsi obat dan makanan yang aman. Solusi yang diambil tetap mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemda masing-masing dalam rangka menekan persebaran virus Covid-19. Terlebih di saat pandemi konsumsi obat dan makanan yang aman ini menjadi pondasi bagi masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari bahaya Covid-19.

Tags:

0 thoughts on “Dengan Dana Alokasi Khusus, BBPOM di Manado Tingkatkan Sinergi Pengawasan Obat dan Makanan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK