SHOPPING CART

close

Di Akhir Pekan, BBPOM di Manado Semangat Kejar WBK Dengan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Bersama Analis Kebijakan Madya MENPAN RB

20 Maret 2021, BBPOM di Manado menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan program reformasi birokrasi periode 2019 – 2020 dengan mengundang Narasumber dari Menpan RB Ibu Desmarwita, S.E., MAP Analis Kebijakan Madya. Kegiatan ini dibuka oleh Agung Kurniawan, ST sebagai Plh. Kepala BBPOM di Manado. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh semua ASN dan PPNPN BBPOM di Manado.

 

Dalam pembukaan Agung menyampaikan “Kegiatan ini sebagai bahan masukan bagi kami untuk dapat meningkatakan kinerja BBPOM di Manado dalam rangka mencapai WBK. Kami ingin mengetahui di area perubahan mana saja yang masih sangat lemah sehingga dapat diperbaiki dan ditingkatkan.”

 

“Oleh karena itu, kami mengundang ibu Desmarwita, S.E., MAP sebagai pihak eksternal untuk melihat area mana saja yang masih lemah. Kami sangat mengharapkan Ibu yang sudah kaya pengalaman implemetasi/internalisasi di instansinya maupun dalam membimbing instansi lain dapat melihat dimana blind spot yang merupakan kelemahan utama yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar BBPOM di Manado bisa mencapai WBK” ujar Agung.

 

Dalam diskusi tersebut dipaparkan kelemahan yang masih dimiliki oleh BBPOM di Manado. “Melalui penjelasan hasil evaluasinya, ternyata tim penilai belum melihat aura perubahan menuju WBK pada BBPOM di Manado karena inovasi-inovasi yang disampaikan belum ada yang “wow” atau terasa langsung dampaknya kepada masyarakat. Data dukung yang disampaikan kepada kami masih terasa hanya sebatas teori normatif saja dan inovasi yang disajikan belum terlihat perbedaannya antara setelah inovasi dilaksanakan dengan kondisi sebelumnya. Dijelaskan pula bahwa “ bukan jumlah inovasi ” yang dinilai atau dipertimbangkan, tetapi apakah inovasi tersebut berdampak secara internal dalam organisasi dengan menghasilkan perubahan budaya kerja yang kemudian berlanjut pada peningkatan kualitas pelayanan publik yang dirasakan manfaatnya secara langsung atau nyata oleh masyarakat.” Jelas Desmarwita.

 

Setelah pemaparan Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi, kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara ibu Desmarwita dengan beberapa peserta. Hal yang didiskusikan terkait bagaimana memaparkan perubahan yang terjadi setelah inovasi tersebut dilaksanakan. Kemudian bagaimana inovasi-inovasi sejenis dapat direplikasi /diikuti oleh balai lainnya dan bagaimana evaluasinya, terutama terkait aplikasi/system bawaan yang sudah given dari pusat. Dijelaskan Desmarwita “Jangan terjebak bahwa Inovasi itu harus berupa aplikasi, namun bisa berupa suatu program atau system yang baru dengan produk pelayanan yang lebih berkualitas dari sebelumnya yang dapat dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat. Juga jangan terjebak dengan system budaya yang diturunkan oleh pusat, namun juga harus berani menggali nilai-nilai lokal yang dapat melengkapi budaya organisasi yang diberikan pusat.”

 

Menanggapi hasil evaluasi yang disampaikan, “kami sangat berterima kasih karena dengan pemaparannya yang begitu jelas dan mencerahkan, saat ini kami bisa melihat dengan jelas pekerjaan rumah yang harus segera kami selesaikan, bagaimana cara memilih/membuat dan menyampaikan inovasi-inovasi yang tepat kepada masyarakat yaitu yang memudahkan akses dan berdampak langsung /nyata kepada masyarakat.” Jawab agung.

 

“Dengan evaluasi ini, kami BBPOM di Manado akan lebih termotivasi melakukan pelayanan publik dengan sepenuh hati, sehingga aura pelayanan dapat ditingkatkan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.” Tutup Agung.

Tags:

0 thoughts on “Di Akhir Pekan, BBPOM di Manado Semangat Kejar WBK Dengan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Bersama Analis Kebijakan Madya MENPAN RB

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK