SHOPPING CART

close

Gelar Advokasi dan Komitmen Bersama, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Siap Mendukung Program Nasional Terpadu BBPOM di Manado Tahun 2022

Minahasa Utara– Sebagai langkah awal rangkaian Program Nasional Keamanan Pangan Terpadu Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Utara, Balai Besar POM di Manado  menyelanggarakan Advokasi Program Nasional Terpadu Desa Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah dan Pasar Aman Berbasis Komunitas, bertempat di Aula Hotel Sutan Raja (05/04).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara , Drs. Rivino Dondokambey, dihadiri oleh 80 orang peserta  dari jajaran pemerintah daerah Minahasa Utara,  OPD terkait  serta  beberapa Kepala Desa dan calon kader yang akan diintervensi tahun 2022.

Dalam sambutannya,  Sekretaris Daerah menyampaikan Apresiasi dan Dukungan Penuh atas pelaksanaan Program Prioritas Nasional oleh Balai Besar POM di Manado  dan meminta kepada OPD yang terkait agar bisa melakukan Replikasi Program tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Balai Besar POM di Manado yang telah memprioritaskan Kabupaten Minahasa Utara sebagai lokus pelaksanaan program nasional ini, semoga desa sekolah dan pasar yang diintervensi dapat menjadi percontohan dan program ini tereplikasi di desa sekolah dan pasar lainnya. Selain itu besar harapan saya kepada seluruh OPD siap berkomitmen dalam melancarkan program keamanan pangan terpadu ini dan dapat melakukan sinergi dan kolaborasi dengan program yang ada di dinas masing-masing untuk mewujudkan Keamanan pangan di seluruh lapisan masyarakat Minahasa Utara” serta dapat meningkatkan dan memperkuat perekonomian desa,  tutur beliau.

Kepala BBPOM di Manado, Dra. Hariani, Apt menyampaikan  bahwa program terpadu ini merupakan program nasional BPOM RI. Program desa ketahanan pangan sudah dilakukan sejak 2014, sedangkan program PJAS sudah dilakukan sejak 2010. “Prinsip dari program ini adalah keamanan berbasis komunitas. Memberdayakan  komunitas masyarakat dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga  keamanan pangan sepanjang rantai pangan mulai dari produksi, peredaran dan konsumsi, di komunitas masing-masing baik di desa, pasar maupun sekolah, “ paparnya.

Adapun sepanjang tahun 2022 ini, akan diintervensi sebanyak 4 desa (Kalawat, Dimembe, Kauditan dan satu diantaranya merupakan   desa stunting yaitu Wori), 10 sekolah, dan 1 Pasar Kauditan di Kabupaten Minahasa Utara.

Tags:

0 thoughts on “Gelar Advokasi dan Komitmen Bersama, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Siap Mendukung Program Nasional Terpadu BBPOM di Manado Tahun 2022

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK