SHOPPING CART

close

Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan Desa di Desa Dimembe

Kamis, 27 Oktober 2022 BPOM di Manado melakukan Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan Desa dengan melakukan uji produk pangan menggunakan rapid test kit. Produk pangan yang diutamakan untuk disampling adalah produk PIRT yang berasal dari IRTP di desa target, pangan siap saji dengan parameter pengujian antara lain: Cemaran kimia (bahan berbahaya : boraks formalin, methanyl yellow dan rhodamine B) serta kesesuaian label pangan olahan sebagaimana tercantum dalam PP 69 Tahun 1999 dan Perka BPOM Nomor 31 Tahun 2018. Sampel yang diambil dari tiap desa berasal dari komunitas yang diintervensi, antara lain: IRTP, PKL, Warung/ Ritel, kantin sekolah/ pedagang sekitar sekolah.

Hasil pengujian sampel menunjukkan sampel terbebas dari bahan berbahaya, sehingga diharapkan keamanan pangan desa di Desa Dimembe Kabupaten Minahasa Utara dapat tercapai.

Keamanan pangan merupakan bagian penting untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial. Berbagai program dalam mensosialisasikan keamanan pangan saat ini sudah gencar dilangsungkan baik oleh pihak pemerintah, swasta dan pihak-pihak lainnya melalui berbagai kegiatan dan gerakan-gerakan yang dilakukan. Salah satu program yang diinisiasi oleh Badan POM adalah program Desa Pangan Aman dan salah satu strategi untuk mencapai tujuan pada program ini adalah melalui pemberdayaan komunitas desa. Komunitas tersebut diharapkan mampu melindungi diri, keluarga dan masyarakat sekitar terhadap konsumsi produk pangan yang tidak aman dan berisiko terhadap kesehatan serta dapat mewujudkan desa/wilayah pangan aman.

Salah satu kegiatan pengawasan yang dilakukan adalah melalui pengambilan sampel dan pengujian sampel. Hasil pengujian sampel dapat dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan program keamanan pangan di suatu wilayah.

Tags:

0 thoughts on “Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan Desa di Desa Dimembe

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK