SHOPPING CART

close

Jaring Aspirasi Masyarakat, BBPOM di Manado Siap Tingkatkan Layanan Publik serta Pengawasan Obat dan Makanan

12 Maret 2021, BBPOM di Manado menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik bersama berbagai lintas sektor dan komunitas masyarakat di kota manado, diantaranya perwakilan dari POLDA, YLKI, GP Farmasi, APRINDO, ASPERINDO, MUI SuLawesi Utara, POLRESTA Manado, POLSEK pineleng, serta berbagai tokoh masyarakat dan pelaku usaha.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Agung Kurniawan, ST sebagai Plh. Kepala Balai Besar POM di Manado. Kemudian disampaikan secara singkat berbagai Layanan Publik yang dimiliki BBPOM di Manado oleh  Dra. Maria Sarlota Patabang, Apt. sebagai koordinator bidang infokom.

Dalam pembukaan, Agung mengatakan “Pertemuan ini sebagai media bagi kami untuk mendengar masukan dari berbagai elemen masyarakat tentang eksistensi dan manfaat BBPOM di Manado, apakah sudah memberi manfaat secara nyata bagi masyarakat. Secara garis besar, ada dua hal yang kami mohon masyarakat evaluasi pada hari ini integritas petugas di lapangan “.

“Di pertemuan ini, kami minta masukan dan saran bapak ibu sekalian kepada kami, atau bahkan bila ada perilaku petugas di lapangan yang tidak sesuai mohon disampaikan, tidak usah ragu untuk menyampaikan dalam forum ini, karena kami sadar perbaikan yang akan kami rencanakan harus sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi masyarakat kepada kami.”

Aldy Gh. Luningkewas, ketua YLKI Sulawesi Utara salah satu dari peserta yang hadir menyampaikan saran kepada BBPOM agar perlu secara rutin mempublikasikan obat dan makanan berbahaya hasil pengawasan BBPOM di Manado, karena hal tersebut sebagai bahan edukasi bagi masyarakat untuk tidak membeli produk yang berbahaya bagi kesehatan.

“BPOM jangan sampai kalah promosi dengan para pelaku pengedar obat dan makanan ilegal, karena masyarakat cenderung membeli produk dengan promosi yang kuat tanpa sadar tentang kualitas dan keamanan produknya” papar Aldy

Hasil pertemuan tersebut, dapat disimpulkan masyarakat puas akan pelayanan publik yang telah diberikan BBPOM di Manado, namun BBPOM di Manado perlu berbenah di sektor promosi, karena banyak masyarakat yang belum mengetahui peran BBPOM di Manado.

Agung mengatakan, “Masukan dan Saran dari masyarakat hari ini adalah informasi berharga yang tidak bisa kami abaikan, langkah kami selanjutnya adalah merumuskan kebijakan dan strategi yang sesuai.” terkait promosi, Agung mengungkapkan “BPOM memiliki banyak sekali informasi edukasi yang bersifat teknis sehingga tidak mungkin bisa dipublikasikan dalam satu kali pertemuan atau sosialisasi, oleh karena itu, perlu inovasi dari kami terkait tantangan ini terlebih disaat pandemi serta keterbatasan anggaran dan sumber daya”.

“Memperbanyak akses yang komunikatif adalah salah satu cara, maka prioritas kami akan mulai satu diantara beberapa rencana inovasi kami yaitu podcast terkait edukasi yang sifatnya teknis bagi masyarakat mulai di tahun ini. Diharapkan dengan di masa mendatang BBPOM di Manado hadir lebih komunikatif” tutup Agung.

Tags:

0 thoughts on “Jaring Aspirasi Masyarakat, BBPOM di Manado Siap Tingkatkan Layanan Publik serta Pengawasan Obat dan Makanan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK