SHOPPING CART

close

Laksanakan Audit Internal Kearsipan, Sebagai Komitmen BBPOM Di Manado Jaga Tatalaksana Persuratan Dan Arsip Yang Handal

Senin, 31 Mei 2021, BBPOM di Manado melaksanakan audit kearsipan secara internal di lingkungan Badan POM yang diselenggarakan secara daring. Agung Kurniawan, ST sebagai Plt. Kepala Balai Besar POM di Manado menerima tim Audit yang diketuai Ibu Rani Pamungkas, SAP sebagai Sub Kelompok Substansi Arsip dan Persuratan Badan POM dengan anggota Rujito, SE, Lukman Hakim, A.Md, Muhammad Mulkan Abror, A.Md, Rachmat Mukmin, A.Md, Wahyu Eka Nurhandini, A.Md.

Dalam pembukaan Agung menyampaikan untuk Audit Kearsipan ini, seluruh staff bbpom akan medukung sepenuhnya pelaksanaan audit kearsipan ini dengan menyampaikan bukti pelaksanaan kearsipan dan persuratan yang telah berjalan di BBPOM di Manado.

Sementara dari Ketua Tim Audit, Rani menyampaikan tujuan yang pertama dari audit kearsipan yaitu menyamakan persepsi tentang pelaksanaan kearsipan dan persuratan di lingkungan BPOM yang mengacu pada Peraturan Kepala Badan POM RI No 6 Tahun 2016 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Badan POM serta Peraturan Kepala Badan POM No 4 Tahun 2019 tentang Sistem Klasifikasi dan Akses Arsip Dinamis di Lingkungan Badan POM.

“Sementara Tujuan ke dua dari audit ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang penyelenggaraan kearsipan di lingkungan BPOM. Hal ini untuk mencegah terjadinya surat yang tidak sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan dalam perka tersebut sehingga dapat menimbulkan kerancuan dalam menjamin orisinalitas dari dokumen tersebut” Jelas Rani.

“Kaidah-kaidah persuratan yang diatur dalam perka berguna untuk mencegah terbitnya surat illegal yang mengatasnamakan BPOM, hal ini bila terjadi tentunya akan menyebabkan jatuhnya integritas lembaga kita” Tegas Rani.

“Oleh Karena itu, karena audit ini diperlukan sebagai upaya membangun pelaksanaan kearsipan dan persuratan di lingkungan BPOM, maka dalam audit ini, bila ada temuan terkait ketidak sesuaian pelaksanaan, maka akan kami sampaikan serta disampaikan solusinya sebagai upaya perbaikan dan pencegahan di masan mendatang” tambah Rani.

Menutup kegiatan entry meeting tersebut. Agung menambahkan agar audit ini selain digunakan sebagai bahan review terhadap pelaksanaan kegiatan kearsipan dan persuratan di BBPOM di Manado juga digunakan sebagai media pembelajaran terhadap hal-hal baru yang belum dipahami sepenuhnya ataupun hal-hal seharusnya yang ternyata tidak sesuai dengan kebiasaan kita dalam melaksanakan kerasipan serta persuratan selama ini.

 

(Salman-Sarinah)

Tags:

0 thoughts on “Laksanakan Audit Internal Kearsipan, Sebagai Komitmen BBPOM Di Manado Jaga Tatalaksana Persuratan Dan Arsip Yang Handal

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.