SHOPPING CART

close

Pengawalan Nataru oleh BBPOM di Manado

BBPOM di Manado melaksanakan Intensifikasi Pengawasan Pangan Olahan sepanjang waktu menjelang Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024 mulai dari Kota Manado sampai pada  daerah perbatasan dengan target sarana yaitu gudang distributor, ritel modern dan toko – toko tradisional.  Kegiatan intensifikasi pengawasan (Inwas) ini difokuskan pada pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), yaitu pangan tanpa izin edar (TIE)/ilegal, rusak, dan kedaluwarsa. Pengawasan ini telah dilakukan sejak tanggal 1 – 29 Desember 2023.

Hasil Inwas yang telah dilakukan oleh BBPOM Manado, ditemukan masih ada toko – toko yang menjual pangan rusak dan kedaluwarsa. Untuk pangan rusak, ditemukan pada produk-produk olahan pangan kemasan kaleng seperti susu dan krimer kental manis.  Total temuan pangan rusak dan kedaluwarsa sebanyak 28 item (875 pcs) yang nilai ekonomi perkiraannya mencapai Rp. 5,5 juta.

Pangan olahan kedaluwarsa terbanyak ditemukan di sarana ritel tradisional pada wilayah Bolaang Mongondow Selatan yang mungkin disebabkan oleh faktor panjangnya rantai distribusi pangan mulai dari distributor sampai ke toko-toko di area tersebut. Hal ini menyebabkan tingginya potensi pangan menjadi kedaluwarsa karena perjalanan yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menindaklanjuti temuan produk pangan olahan TMK dari Inwas ini, BBPOM Manado mengedepankan upaya pembinaan dan memerintahkan pelaku usaha untuk melakukan retur/pengembalian produk kepada supplier serta meminta kesediaannya memusnahkan produk  kedaluwarsa tersebut.

BBPOM di Manado terus berkomitmen untuk selalu mengawal keamanan pangan dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat. Untuk memastikan hal tersebut, BPOM terus mendorong kesadaran pelaku usaha dalam menerapkan cara peredaran pangan olahan yang baik (CPerPOB) maupun peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku. Masyarakat juga terus diberikan KIE untuk menjadi konsumen cerdas dengan menerapkan “Cek KLIK” (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan olahan.

Tags:

0 thoughts on “Pengawalan Nataru oleh BBPOM di Manado

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK