SHOPPING CART

close

Penguatan Pengawasan Siber Patrol Obat dan Makanan di Sulut

Kamis (23/11/2023), bertempat di aula Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Manado, Johnny Dera selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala BBPOM di Manado membuka kegiatan Perkuatan Pengawasan Obat dan Makanan Ilegal dengan Lintas Sektor terkait seperti Ditkrimsus dan Ditintelkam Polda Sulut, Binda Sulut, Dinas Kominfo Sulut dan Manado serta Komunitas Manguni Cyber Troops. Dalam sambutannya, Johnny Dera memberi penyampaian terkait kinerja penindakan BBPOM di Manado dalam melakukan Patrol Siber terkait Obat dan Makanan, dalam rangka menjaga keamanan produk Obat dan Makanan di Sulawesi Utara.

Selain itu, Johnny Dera juga menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dan arus informasi membuat masyarakat Indonesia terbuka terhadap pengetahuan dan pasar global. Dinamika ini secara nyata telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Perubahan pola hidup masyarakat yang berbasis digital mempengaruhi cara mendapatkan barang tanpa bertemu dengan penjual karena kemudahan akses melalui internet apalagi adanya budaya memiliki gadget merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk membantu segala aktifitas sehari-hari. Apalagi, dengan makin luasnya adaptasi kebiasaan baru di tengah berbagai tekanan karena pasca selesainya pandemi Covid-19 membuat kehidupan berbasis digital di era revolusi industri 4.0 tidak bisa dibendung lagi.

Perkembangan teknologi tersebut juga termasuk dalam cara berperilaku berbelanja di masyarakat saat ini. Belanja online atau E-Commerce merupakan suatu proses transaksi yang dilakukan melalui media perantara berupa situs jual beli online atau jejaring sosial yang menyediakan barang atau jasa yang diperjualbelikan. Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu pangsa pasar peredaran dan penjualan produk Obat dan Makanan ilegal mengingat sebagian besar produk Obat dan Makanan berasal dari luar provinsi Sulawesi Utara.

Sistem dropshoping pembelian online melalui E-Commerce akan sangat menyulitkan bagi pengawasan Obat dan Makanan ilegal, karena barang yang dikirim tidak ke pemesan / pembeli tetapi langsung ke pemesan / pembeli lainnya  yang melakukan pemesanan ke pembeli pertama.  Untuk itu, dibutuhkan teknik patrol siber dan profiling target yang handal, agar sistem yang bagaimanapun bentuknya dapat terlacak sehingga memudahkan dalam penelusuran / intelijen dalam rangka pengawasan dan penindakan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kecenderungan menawarkan atau mempromosikan produk dan transaksi jual beli produk Obat dan Makanan dilakukan secara daring dengan berbagai metode menggunakan media sosial yang semakin marak, maka diperlukan langkah langkah konstruktif untuk mencegah dan mengatasi peredaran Obat dan Makanan ilegal dan atau tidak memenuhi syarat yang salah satunya adalah melalui koordinasi dengan membangun sinergi dan strategi bersama pihak terkait khususnya komunitas siber yang ada di Kota Manado, melalui penyamaan pemahaman dan persepsi  terkait kegiatan patroli siber yang dilakukan.

“Oleh karena itu, penyamaan persepsi dan pemahaman dalam melakukan tindakan di lapangan terkait dengan pengawasan peredaran Obat dan Makanan Ilegal serta penyalahgunaan obat di Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado melalui kegiatan Siber denga memperkuat koordinasi dan komunikasi melalui pembentukan jejaring siber yang ada di Sulawesi Utara sangat penting untuk dilakukan”, pungkasnya.

Senada dengan itu, ketua Manguni Cyber Troops, Stanly Ilat juga menyampaikan pentingnya komunikasi dan jaringan komunitas dalam aktivitas Siber terutama dalam mencegah dan menangkal kejahatan di ranah Siber, khususnya di Sulawesi Utara.

Dari kegiatan ini, diharapkan terbentuknya komunitas siber Sulawesi Utara yang diisi oleh setiap lintas sektor terkait, agar dapat melakukan tugas dan fungsinya dalam upaya pencegahan dan penangkalan kejahatan di Sulawesi Utara.

 

Tags:

0 thoughts on “Penguatan Pengawasan Siber Patrol Obat dan Makanan di Sulut

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK