SHOPPING CART

close

Sertifikasi Keamanan Pangan Sekolah di Tomohon

Rabu (30/08/2023), Balai Besar POM di Manado melakukan Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman ke 5 (lima) sekolah di Kota Tomohon yaitu SMA N 1 Tomohon, SMP N 1 Tomohon, SMP N 3 Tomohon, SMP Kristen Tomohon dan SD Katolik St. Fransiscus Xaverius Kakaskasen Tomohon yang sebelumnya telah terintervensi Program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di tahun 2023.

Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman merupakan proses penilaian sekolah yang memiliki komitmen baik dalam mengimplementasikan keamanan pangan melalui rencana aksi program keamanan PJAS dan memberdayakan kader keamanan pangan.

Selain melakukan penilaian program PJAS di sekolah, dilakukan juga sampling jajanan yang dijual oleh pedagang di dalam kantin maupun sekitar sekolah.

Sejumlah 41 sampel dilakukan pengujian terhadap 4 parameter bahan berbahaya yang digunakan pada pangan yaitu Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow dan 17 sampel yang diuji parameter mikrobiologi E. coli.

Sertifikasi dilaksanakan dengan tujuan mendorong pihak sekolah memenuhi persyaratan keamanan pangan setelah sebelumnya sekolah melakukan evaluasi mandiri (self assessment) pemenuhan kriteria Sekolah dengan PJAS Aman. Output dari self assessment tersebut yang digunakan oleh Balai Besar POM di Manado sebagai gambaran kesiapan sekolah dalam pelaksanaan Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman.

Keamanan Pangan di Sekolah adalah tanggung jawab bersama.

Tags:

0 thoughts on “Sertifikasi Keamanan Pangan Sekolah di Tomohon

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK