SHOPPING CART

close

Setelah Manado, BBPOM Di Manado Sidak Takjil Di Kota Bitung Untuk Pastikan Bebas Dari Bahan Berbahaya

Selasa, 20 April 2021, BBPOM di Manado melaksanakan kegiatan pengawasan Takjil di Kota bitung, Sulawesi Utara. Pemeriksaan takjil didampingi oleh Dra. Nur Awalia, Apt., M.Si dari Dinas Kesehatan Kota Bitung. Sementara Salman Fariesy, S.Farm., Apt bersama tim dari BBPOM di Manado bertugas untuk memeriksa keamanan takjil yang dikonsumsi masyarakat kota bitung.

Pada Minggu pertama Bulan Puasa, telah dilaksanakan pengawasan takjil di Kota Manado. Sesuai jadwal yang direncanakan, maka minggu kedua bulan puasa dilakukan pemeriksaan takjil di kota Bitung. Pengawasan Takjil merupakan sebagai upaya BBPOM di Manado melindungi Masyarakat Sulawesi Utara dari konsumsi pangan yang mengandung Bahan Berbahaya.

Pelaksanaan sampling dilakukan petugas dengan memperhatikan trend temuan terdahulu serta hasil dari pengamatan dari petugas dengan indikasi awal adanya dugaan makanan tersebut mengandung bahan berbahaya, baik dari warna makanan tersebut dan tekstur makanan tersebut. Setelah melalui pengamatan, baru kemudian petugas membeli sample makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya untuk kemudian dilanjutkan pengujian di dalam mobil laboratorium keliling.

Parameter uji terhadap takjil yang sudah dibeli berfokus pada bahan berbahaya yang dilarang ditambahkan pada pangan, yaitu Formalin, Boraks, Pewarna Tekstil seperti Rhodamine B dan Methanil Yellow. Pemeriksaan parameter tersebut menggunakan rapid test kit, sehingga hasilnya dapat diketahui dalam waktu singkat. Pengujian dilakukan di lokasi, agar bila ada takjil yang mengandung bahan berbahaya dapat diamankan saat itu juga.

Dari hasil yang pengujian terhadap 32 sampel yang diperoleh petugas di tiga titik lokasi kota bitung, seperti Manembo, Girian Atas dan Pusat Kota Bitung dimana di lokasi tersebut banyak masyarakat yang menjual aneka takjil, tidak satupun mengandung bahan berbahaya. Adapun aneka takjil yang diuji diantaranya kue Kuk, Hercules, Lalampa, Kue Cara, lontong, Pentol Bakso, Balapis dan aneka es buah yang merupakan makanan paling banyak dikonsumsi masyarakat kota Bitung untuk berbuka Puasa.

Pemeriksaan takjil merupakan bagian dari intensifikasi makanan selama bulan Ramadhan yang kegiatan lainnya yaitu pemeriksaan sarana distribusi dari ritel hingga penjual di warung klontong. Pemeriksaan Sarana Distribusi Obat dan Makanan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BBPOM di Manado sepanjang tahun. Namun karena pada bulan Ramadhan terjadi peningkatan konsumsi pangan di masyarakat yang cukup luar biasa, maka perlu pengawasan ekstra terutama pada komoditi pangan pada bulan Ramadhan. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat selama bulan Ramadhan.

Tidak hanya Kota Bitung dan Manado, pengawasan takjil juga akan dilaksanakan juga di kota lainnya di Sulawesi Utara.

 

Penulis : Salman Fariesy

Editor : Maria Sarlota Patabang – Sarinah Tamim

Tags:

0 thoughts on “Setelah Manado, BBPOM Di Manado Sidak Takjil Di Kota Bitung Untuk Pastikan Bebas Dari Bahan Berbahaya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.