SHOPPING CART

close

VAKSIN COVID-19 TELAH TIBA DI BANDARA SAM RATULANGI, BBPOM DI MANADO KAWAL DISTRIBUSI DAN PENGGUNAANNYA

Manado, 5 Januari 2021, Melalui Wawancara dengan Radio RAL FM terkait Vaksi COVID-19 yang baru tiba di Manado melalui Bandara Sam Ratulangi, dalam kesempatan tersebut Dra. Sandra M. P. Linthin, Apt., M.Kes.,  sebagai Kepala Balai Besar POM di Manado menjelaskan proses pendistribusian/ penggunaan Vaksin COVID-19. Sandra mengatakan bahwa vaksin yang telah tiba di Manado yaitu vaksin Sinovac telah melalui  proses yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang diterima di dunia Internasional. Untuk Vaksin Sinovac ini sendiri sudah sampai pada uji klinis tahap III.

Sandra mengingatkan, vaksin COVID-19 ini akan digunakan setelah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan POM yang tentunya setelah evaluasi hasil Uji Klinis Tahap III. Pemberian Izin Penggunaan Darurat ini tentunya akan menjamin bahwa vaksin yang digunakan telah memenuhi aspek keamanan dan khasiat sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat untuk menumbuhkan kekebalan di masyarakat .

Vaksinasi ini bukanlah uji coba vaksin COVID-19, karena telah dievaluasi oleh berbagai pihak, bukan hanya dari Badan POM saja, namun juga melibatkan para ahli di bidangnya sehingga vaksin ini dipastikan aman dan berkhasiat. Vaksinasi ini sebagai upaya membangun Herd Imunity sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran COVID-19.

Beliau mengingatkan, meski Vaksin sudah ada, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan yaitu 3 M untuk menekan penyebaran COVID-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan. Selain itu juga dengan menjalankan iman, aman dan imun. Iman agar kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, hati yang gembira merupakan obat yang mujarab; Aman agar kita senantiasa mematuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar virus COVID-19; serta Imun agar kita selalu meningkatkan Imun tubuh dengan senantiasa konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, istirahat yang cukup  dan bila perlu minum suplemen kesehatan.

Tags:

0 thoughts on “VAKSIN COVID-19 TELAH TIBA DI BANDARA SAM RATULANGI, BBPOM DI MANADO KAWAL DISTRIBUSI DAN PENGGUNAANNYA

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

×

 

Layanan ULPK

Baai Besar POM di Manado

× Hallo ULPK